Categories

Sabtu, 28 Januari 2012

Kuliah, jangan Sampai Salah Pilihan...!

Dalam menentukan universitas dan jurusan pilihan, diperlukan penentuan dan ketetapan hati tanpa terpengaruh teman atau orang lain. Sebab, kamu yang paling tahu apa yang ingin dipelajari, kan? Entah itu ilmu eksakta atau ilmu sosial.

Kalau masih bingung, trik mudahnya lihatlah buku rapor selama SMU. Misalnya nilai rapor bagus dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, mungkin indikasi bakat ada di bidang bahasa. Setelah itu siswa bisa memilih Fakultas Sastra atau Fakultas Ilmu Budaya yang memiliki jurusan sastra Inggris.

Atau jika nilai biologi yang menonjol, selanjutnya bisa mencari tahu jurusan apa saja yang menjadikan biologi sebagai dasar kuliah. Salah satunya adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Lebih mudah lagi jika siswa sudah pernah mengikuti psikotes. Hasil psikotes akan menunjukkan arah bakat dan minat. Ini bisa menjadikan acuan dalam memilih jurusan kuliah yang diminati. Selain itu, psikotes juga bisa memperlihatkan apa kelebihan dan kekurangan masing-masing individu. Dengan mengetahui hal ini, kamu bisa lebih maksimal mengembangkan potensimu.

Seperti dikutip dari buku Siap Kuliah, terbitan Gagas Media karya Stilla Maaneesh, jika hasil psikotes juga nggak membantumu menentukan jurusan, ada baiknya kamu menilik tips di bawah ini:

- Tanya sana sini. Coba berdiskusi dengan keluarga dan teman-teman terdekat. Tanyakan apa bakat yang kalian miliki menurut mereka. Misalnya, jika menurut penilaian mereka keahlianmu adalah menggambar dan kamu menikmati waktu untuk menggambar, mungkin bakatmu memang ada di situ. Jurusan yang dapat dipilih adalah jurusan seni rupa. 

- Flashback. Poin ini bukannya melegalkan urusan contek mencontek! Tapi siapa tahu ini bisa membantu. Coba ingat-ingat lagi ketika sekolah dulu pernah nggak kamu dijadikan 'kunci jawaban' oleh sebagian besar isi kelas saat ujian mata pelajaran tertentu? Jika ya, bisa jadi pengalaman itu menunjukkan arah bakatmu dalam mata pelajaran tersebut. Merasa nggak punya pengalaman itu? Terus cari ya.

- Childhood moments. Waktu kecil, apa jawabanmu ketika ditanya apa cita-citamu? Bisa jadi jawabanmu itu memang bakat terpendam yang sudah saatnya dipoles di bangku kuliah.

- Seriusin hobi. Punya hobi khusus? Jika ya, tak ada salahnya jadikan hobi sebagai motivasi memilih jurusan kuliah. Banyak orang sukses yang kuliah berdasarkan hobi mereka.

Setelah menentukan jurusan yang ingin dipelajari, saatnya memilih universitas tempat belajar nanti. Carilah universitas yang menawarkan jurusan yang dituju. Mau memilih universitas negeri atau swasta, yang penting konsultasikan juga dengan keluarga. Selamat kuliah..


source :okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar